Membuat Polygon di Cadsoft Eagle



          Poligon buat apa??? poligon di software eagle sendiri fungsinya untuk mempercantik tampilan board PCB yang akan kita buat. selain itu untuk mempercepat waktu pelarutan tembaga PCB, karena hanya sedikit tembaga yang harus dilarutkan. oke langsung ajaa...



    1. Buka project eagle Anda, yang sudah jadi (Board file nya)
    2. Klik icon polygon atau ketikkan poly pada command box.
    3.  Jika Anda ingin membuat poligon Anda terhubung dengan jalur GND(ground) maka Anda dapat menggetikkan poly gnd pada command box (poly spasi nama_jalur) bisa juga untuk jalur yang lain.
    4. Kemudian klik bagian tepi PCB Anda sehingga kini anda dapat membuat batasan poligon tersebut di PCB Anda.
    5. Anda tidak harus membuat poligon mengelilingi papan PCB Anda, itu semua tergantung dimana dan seberapa besar anda ingin membuat poligon ini, tetapi dalam hal ini saya membuat polygon menyeluruh untuk semua permukaan PCB.
    6. Agar polygon ini berhasil Anda harus mempertemukkan titik awal anda membuat poligon dengan titik akhir anda membuat poligon.
    7. Jika poligon Anda berhasil maka akan tampak garis poligon yang telah anda buat tadi terlihat mnjadi garis putus-putus.
    8. Kemudian klik icon Ratsnest, maka akan diperoleh poligon Anda.
    9. Akan tetapi jarak antara poligon dan jalur masih terlalu dekat, Anda harus mensettingnya agar tidak terjadi shot pada jalur PCB Anda.
    10. Untuk Mensetting poligon yang telah Anda Buat tadi, klik kanan mouse pada bagian garis yang telah Anda buat tadi, kemudian pilih properties. atau bisa juga pada saat awal anda akan memulai mambuat poligon Anda dapat mensetting langsung.
    11. Pada pilihan Isolate ganti Angkanya menjadi 0.8 (dalam satuan mm). ini angka standard menurut saya, jdi tersera Anda semua mau diisi Angka berapa.
    12. Kemudian klik OK. Berhasil bukan??? :-)
    13. Hasil Poligon HATCH
      Hasil Poligon SOLID GND
      Hasil Poligon SOLID
    Previous
    Next Post »

    2 comments

    Click here for comments
    tester
    admin
    March 14, 2016 at 7:52 PM ×

    Terima Kasih Bang, saya merasa terbantu sekali. semoga artikelnya stay on top page google selalu.

    Reply
    avatar
    Thanks for your comment